Jumat, 05 Desember 2014

Bonsai Pemula

 Seperti para pebonsai pemula lainnya, saya juga merasa bingung saat ingin belajar membuat bonsai. saya sangat tertarik dengan bonsai setelah melihat acara-acara televisi tentang flora di TVRI, Indosiar (kisi-kisi). Namun ketertarikan saya seperti terbendung ketika saya merasa bingung bagaimana menyalurkan rasa itu. Tidak ada tempat untuk bertanya maupun konsultasi. Akhirnya saya mencoba belajar autodidak dengan melihat video di YouTube dan membuka website tentang bonsai. Pohon pertama yang saya uji coba adalah durata, ficus retusa, dan serut. Tak jarang, pohon yang saya gali untuk dijadikan bonsai mati karena kekurangtahuan saya. Akarnya membusuk, terkena rayap dan sebagainya. berikut contoh pohon yang hidup.

Serut (2013) diambil dari kebun warga. Serut di desa saya digunakan sebagai pagar hidup pembatas lahan kebun.
serut (2013)

Hokiantea lokal (sidogurih) saya ambil juga dari semak belukar dekat kebun warga. jumlahnya cukup melimpah, tapi ukurannya kecil-kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar