Rabu, 20 September 2017

Mempercepat pertumbuhan jeruk kingkit / thrifasia trifolia

Tips mempercepat pertumbuhan kingkit

Sebelum membahas tips nya perlu dipahami terlebih dahulu bahwa Jeruk kingkit adalah tanaman perdu bahkan ada yang mengatakan bahwa kingkit adalah tanaman semak. Secara genetik tanaman perdu tidak tumbuh besar seperti pohon lain di hutan. Tinggi maksimum pohon perdu hanya 3 - 5 meter. Tentu saja pertumbuhannya lebih lambat dibandingkan tanaman besar misalnya jenis ficus, asam Jawa , atau serut. Jadi secepat-cepatnya pertumbuhan kingkit jangan harap melampaui cepatnya pertumbuhan asam Jawa, serut bahkan jenis ficus.

Okeh langsung saja ke tipsnya.. he e
1. Gunakan media tanamnya yg gembur dan poros sehingga memudahkan akar kingkit untuk menjalar. Biasanya gunakan sekam agar media tidak padat bisa juga ditambahkan arang sekam.

2. Berikan pupuk yang cukup untuk pertumbuhan kingkit. Biasakan pakai pupuk alami misalnya pupuk kandang (kotoran kambing/ sapi yang sudah lapuk). Sebab jika terlalu sering/banyak memakai pupuk kimia tanah menjadi asam dan membuat pertumbuhan jadi terhambat bahkan pohon bisa mati.

3. Untuk bahan dari biji, Setelah tumbuh 10 sd 15 cm pindahan pada pot/polybag yang agak besar misalnya diameter 30cm. Jangan telat menyiram dan jangan terlalu sering dipindah-pindah tempat nya. Letakan di tanah yang terbuka/ terkena sinar matahari dari pagi hingga siang atau sore. Biarkan akar menjalar  hingga menembus pot.

4. Jangan dulu dikawat. Pengawatan akan sangat menghambat pertumbuhan kingkit. Biarkan liar saja. Untuk mengarahkan cabang bisa menggunakan tali dan diikatkan ke bawah atau bisa menggunakan pemberat.

5. Jangan dipruning/ dicukur. Potong saja ranting yang tidak diperlukan untuk menentukan arah pertumbuhan tanaman.

6. Jangan biarkan berbuah. Pada saat berbunga dan berbuah, pertumbuhan kingkit akan terhenti. Kingkit tidak mengeluarkan daun baru karena fokus nutrisinya​ dialirkan ke bunga/buah

7. Untuk bahan dongkelan, pemotongan akar jangan sampai pecah agar akar tidak membusuk dan mudah tumbuh akar baru. Untuk pembesaran cabang bisa lakukan langkah-langkah seperti di atas. Biarkan tnpa dikawati dan tunggu hingga ukuran cabang sesuai dengan yg diharapkan.
Silakan berkomentar bila ada tips lain dari rekan-rekan penghobi Bonsai.

Selamat mencoba.
Mudah-mudahan bisa sabar ya... Heee

Tidak ada komentar:

Posting Komentar